ZJMdeXw-4h6P3k4dH5RcoyGnYBc Cara Mendaftarkan Blog di Alexa | Dunia Blogg

Friday, June 1, 2012

Cara Mendaftarkan Blog di Alexa


Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu tutorial blog yaitu tentang bagaimana Cara Mendaftarkan Blog di Alexa.sedikit saya perkenalkan bagi anda yang belum tahu apa itu alexa ? Alexa.com adalah suatu website dari salah satu anak perusahaan Amazon.com yang mengadopsi sistem ranking  suatu situs ( alexa rank ) baik website ataupun weblog,yang didasarkan oleh beberapa kriteria.
Mendaftarkan blog di Alexa- merupakan salah satu cara untuk mendapatkan audit dasar untuk mengetahui perkembangan traffic blog/website. Salah satu alasan untuk ikut dalam sistem rank Alexa adalah untuk melihat sejauh mana perkembangan blog dan kualitas trafficnya. kalau kita baru memiliki blog ataupun memiliki rank alexa yang masih rendah bukanlah suatu masalah. Justru, hal itu akan memberikan gambaran tentang kualitas blog anda dan memacu anda lebih bersemangat lagi. Betul?
Berikut langkah-langkah pendaftaran blog/website di Alexa :

1. Masuk ke Alexa.com.
2. Kemudian pilih tab ‘Site Tools’.
3. Klik ‘Claim Your Site’.
4. Masukkan url blog/website anda, kemudian klik ‘Claim your site’.
5. Sampai di tahap ini anda akan di minta daftar dahulu untuk login, tapi untuk lebih gampang dan cepat prosesnya anda bisa langsung login dengan account Facebook yang terletak di sebelah kanan form login. Itu bagi anda yang sudah punya akun facebook,kalau belum ya sama saja hehehe….
6. Klik sign up ( terserah mau yang free atau yang berbayar ) untuk masuk ke halamn verifi. Terdapat dua cara, yaitu dengan mengupload HTML ke direktori root blog (ini jika anda punya hosting sendiri) atau masukkan meta key Alexa yang terdapat pada opsi kedua. Gunakan opsi kedua agar lebih cepar dan mudah. Caranya: copy code verification ID-nya ( contoh = LiuUYhMZ4kh9LHrDg3K_w2hwPwc ) dan paste di template HTML anda. Letakkan di antara <head> dan </head>, agar cepat termuat letakkan di bagian atas (dekat <head>) setelah meta keyword dan meta description blog anda. Kemudian save template.
7. Kembali ke halaman Alexa tadi dan klik ‘Verify my ID’. Jika berhasil akan ada informasi yang menunjukkan bahwa anda telah berhasil meng-klaim blog anda.
8Lalu  segera dapatkan widget Alexa untuk dipasang di blog anda. Masuk ke ‘Site Tools’ lagi dan pilih ‘Alexa Site Widgets’.
9. Ada beberapa jenis widget disana, anda tinggal memilih mana yang mau anda pasang di blog, masukkan url blog, dan copy kodenya.
10. Masuk ke halaman design >> page elements, klik add gadget,  dan pilih add HTML/Javascript, paste kode ke dalam kolomnya, dan save. Letakkan di sisi halaman yang diinginkan, lalu save lagi.
11.Selamat anda telah berhasil…..
Setelah selesai, anda dapat memantau rank/peringkat secara langsung dari widget Alexa di blog anda.semoga tutorial ini bermanfaat.
Terimakasih
—————————————–

No comments: